Selasa, 23 Agustus 2016

Sabun Daun Kelor

Kelor (Moringa Oleifera) tumbuh dalam bentuk pohon, berumur panjang (perennial) dengan tinggi 7-12m. Batang berkayu (lignosus), tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar. Daunnya majemuk, berantai panjang, tersusun berseling (alternate) beranak daun gasal, helai daun sangat muda berwarna hijau muda, setelah dewasa hijau tua, bentuk helai daun bulat telur, panjang 1-2cm, lebar 1-2cm.  Kelor merupakan salah satu tanaman yang berasal dari tanaman perdu yang biasanya dipakai untuk tanaman pagar, obat-obatan. Walaupun untuk sekian puluh tahun aku hanya mendengar dari orang tuaku bahwa daun kelor biasanya digunakan untuk menangkis hal-hal mistik.

Padahal kandungan daun kelor cukup banyak seperti pterigospermin, minyak atsiri, alkaloid, morigin, moringinin, minyak lem, klorofil, vitamin C, dan lain sebagainya. Tidak heran jika daun kelor biasa dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal yang terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan tubuh, seperti rematik, nyeri sendi, rabun ayam, dan sakit kuning.
Oleh karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral, daun ini memiliki beberapa manfaat untuk merawat kecantikan kulit seperti melembabkan kulit, membersihkan kulit, mencegah flek hitam diwajah, menghilangkan jerawat dan mencegah keriput pada wajah.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh siswa SMP N 2 Surakarta, daun kelor bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat dengan cara menumbuk daun kelor yang masih muda sampai lembut kemudian dimasukkan ke dalam krim yang sudah dibuat atau bisa dilarutkan pula dalam adonan sabun.


Hasil dari penelitian tersebut membuktikan jerawat mongering setelah 7 hari pemakaian. Oleh karena itu, Dejavu soap yang pernah diajak bekerjasama membimbing penelitian, merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan daun kelor sebagai salah satu alternative alami untuk menyembuhkan jerawat membandel. Bisa dilakukan secara langsung dengan cara ditumbuk, atau memakai krim yang sudah dicampur tumbukan daun kelor atau bisa juga memakai sabun buatan dejavu yang sudah dicampur tumbukan daun kelor tersebut. Sabun Daun kelor yang dibuat oleh dejavu soap menggunakan bahan alami dengan campuran minyak dan daun kelor yang ditumbuk.

0 komentar:

Posting Komentar